Bawaslu Sorsel Sosialisasi Aturan Tentang Netralisasi ASN, TNI/POLRI dan Membagun Komitmen Bersama Mengawal PILKADA Tahun 2020

Teminabuan,MIT.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sorong Selatan Rabu, (15/07/2020) melakukan sosialisasi kepada ASN, TNI/POLRI dan sekaligus menandatangani kerja sama dalam pengawalan Pemilukada tahun 2020 dan dihadiri oleh Bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli, SE, M.AP dan Forkopimda yang dilaksanakan di Aula Maratua Sesna Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sorong Selatan, Yulius Yarollo  dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini dilakukan bertujuan agar menghadirkan hasil pemilihan yang berlandaskan hukum yang berlaku. Berdasarkan UU No. 10 pasal 71 yang tahun 2016 tentang netralitas ASN, dan UU no. 7 tahun 2017 tentang netralitas ASN pasal 93 untuk itu dipastikan dengan partisipasi dalam netralitas yang wajib di terapkan oleh ASN, TNI/POLRI.

Netralisasi dalam tahapan program dan jadwal hingga pelaksanaan pada tanggal 9 Desember 2020 diharapkan untuk menjaga kestabilan, kenyamanan tetapi juga keamanan disampaikan melalui bagian-bagian yang tidak dilakukan ASN, TNI/POLRI Karena akibatnya fatal bagi ASN itu sendiri. Sesunguhnya pemilu merupakan hak demokrasi bagi Warga Negara Indonesia seluruhnya, khususnya Kabupaten Sorong Selatan ” Mari kita menghadirkan politik yang santun dan bermartabat tetapi juga sebagai contoh pembelajaran bagi masyarakat agar Pemilukada ini bisa berjalan dengan baik dan aman” ujar Yulius.

Hal senada disampaikan Bupati Kabupaten Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli, SE.,M.AP dalam sambutannya mengingatkan ASN agar tidak mudah terprovokasi untuk terlibat langsung dalam tahapan-tahapan yang dilaksanakan. “Mari kita menjaga dan melaksanakan marwah demokrasi dengan mengedepankan aturan sebagai panglima,” tutur Samsudin.

Dengan dihadiri semua Forkopimda dan dua lembaga penyelenggara yakni Bawaslu dan KPUD Kabupaten Sorong Selatan kita bangun kesepakatan ditandai dengan penandatangan kesepakatan kerja (MoU), kita sama-sama kawal Pemilukada.” tutup Samsudin. (Obaja/MIT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.