Kolaborasi Yayasan Dharma Bhakti Tiga Putera & Partai Golkar NTT Gelar Kegiatan Sosialisasi Akses Permodalan

Kupang, MITC – Yayasan Dharma Bhakti Tiga Putera salah satu dari sekian yayasan yang menaungi beberapa usaha mikro dan ultra mikro di NTT berkolaborasi bersama Partai Golkar Provinsi NTT dibawah kepemimpinan Emanuel Melkiades Lakalena Ketua Partai Golkar Provinsi NTT sekaligus Wakil Ketua Komisi komisi IX DPR RI melakukan kegiatan sosialisasi akses pembiayaan keuangan oleh holding mikro dari kementrian BUMN dengan BRI sebagai kepala holding, pegadaian dan PNM ( Permodalan Nasional Madani) sebagai anak perusahaan.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Jumat, (10/12/2021) di sekretariat Partai Golkar Kota Kupang, Jln. Piet A. Tallo, Oesapa Selatan – Kupang NTT. Kegiatan dilakukan hybrid secara online dan offline, dimana secara offline dihadiri 25 orang termasuk peserta dan narasumber, online terbuka untuk umum melalui aplikasi zoom meeting.

Kegiatan berlangsung dari pukul 10.00 wita – 12.00 wita. Kegiatan sosialisasi dari sesi presentasi sampai dengan sesi tanya jawab berlangsung dengan antusiasme tinggi dari narasumber dan peserta.

Salah satu peserta atas nama Alfred asal Kecamatan Alak, Kota Kupang bertanya kepada narasumber dari pegadaian apakah tabungan emas beliau masih ada meski sudah berjalan 4 tahun, dan dijawab oleh Imam Subekti Deputi Bisnis Pegadaian NTT bahwa tentunya masih ada karena menabung emas di Pegadaian tidak dikenakan pajak, hanya dikenakan biaya pemeliharaan dan penktipan sebesar 30.000 rupiah saja per tahun dan Alfred pun tampak antusias serta langsung bersemangat untuk menambah tabungan emasnya.

Ibu Maria, peserta yang juga hadir secara offline, beliau bertanya berapa besaran biaya pinjaman dari PNM untuk kelompok perempuan yang terdiri dari 10 orang, dan dijawab oleh I Made Wisnu MBU PNM bahwa pinjaman kelompok ini dimulai dari 2juta rupiah per orang dimana 1 kelompok terdiri dari 10 orang sehingga dana yang dikucurkan untuk perkelompok adalah 20juta dan dibayarkan tiap minggunya dan akan ditambah lagi besarannya apabila kelompok melunasi tepat waktu.

Selanjutnya para pegawai PNM yang akan hadir bersama-sama dengan perempuan dan ibu-ibu binaan PNM tiap minggu untuk mengumpulkan cicilan juga adalah perempuan.

Bunga dari PNM sangat kecil hanya 0,2% dan tanpa jaminan. Ada juga pertanyaan dari Markus kepada BRI mengenai jaminan sertifikat, kata beliau dirinya seringkali dititipkan sertifikat oleh saudara-saudaranya yang membutuhkan uang mendadak, apakah bisa dijadikan jaminan dan jawaban dari Stef Juarto Pimpinan Cabang BRI Kupang bahwa tentu saja bisa namun perlu diketahui yang dibiayai adalah usaha dari si peminjam dan apabila ingin mendapatkan akses pembiayaan KUR ( Kredit Usaha Rakyat) bisa menghubungi team kredit BRI,” ujarnya

Kegiatan serupa akan dilakukan oleh DPD Partai Golkar Kabupaten-kabupaten di NTT pada bulan Januari dan februari 2022 mendatang, sebagai komitmen Partai Golkar NTT ikut membantu Pemerintah Indonesia mensosialisasikan Program Pemulihan Ekonomi Nasional kepada masyarakat terutama pelaku Usaha.

Usaha mikro merupakan sektor paling terdampak oleh pandemi covid 19, untuk itu sejalan dengan program Pemulian Ekonomi Nasional ( PEN ) dimana Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia berkolaborasi dengan berbagai pihak terutama pelaku bisnis agar pemulihan Ekonomi Nasional dapat dipercepat. Pemerintah lewat berbagai kebijakan Kementrian BUMN Holding mikro optimis perekonomian Indonesia tumbuh positif. Saat ini pemulihan ekonomi sudah berada di jalur yang benar, semoga pada kuartal IV tahun 2021 ini dapat tercapai sekitar 3,7 – 4.0 %.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.