Relawan dari Organisasi Mahasiswa Turun Dampingi Korban Bencana di Rote Ndao

Ba’a, MITC – Tim relawan Yayasan KUN Humanity System bersama tim Puskesmas Ba’a, dan relawan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Ba’a melakukan support medis dan psikososial di 3 titik, yakni Desa Aisele, Desa Kuli, dan Dusun Dombo, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (15/04/2021).

Ketua GMKI Ba’a, Anderias Panie kepada mediaindonesiatimur.com menyampaikan bahwa terdapat banyak warga yang mengeluhkan penyakit kulit karena kurangnya akses air bersih. Selain itu, sebagian di masalah pernapasan, muskuloskeletal (tulang), dan beberapa yang mengalami penyakit kronik, seperti hipertensi, dan diabetes.

“Sekitar 80 pasien ditangani oleh dokter dan sebagian yang butuh penanganan lebih lanjut sudah diberikan rujukan untuk bisa mendapatkan tindakan lebih lanjut ke puskesmas atau RS terdekat”, ungkap Anderias Panie.

Lebih lanjut Ketua GMKI Cabang Ba’a itu menjelaskan bahwa dari aspek psikososial, tren pada lansia secara psikis cukup urgent. Dampak kerusakan rumah dan pertanian dari siklon seroja secara umum dialami oleh warga dan yang paling berat dialami oleh golongan lansia dan sudah mulai mengeluhkan masalah pencernaan.

“Kita sudah berikan tindakan awal dan berikan pengarahan ke warga untuk saling jaga dan dukung terutama perhatian lebih ke kaum rentan, terutama lansia”, jelas Ketua Cabang GMKI Ba’a.

Beberapa hari tim relawan KUN akan tetap melakukan respon dengan mobile clinic dan psychosocial support di area Rote Ndao.

Laporan: Erton Dethan

Editor: Alberto Tatibun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.