KPUD Sorsel Laksanakan Bimtek Untuk Seluruh PPD Distrik

Teminabuan, MIT.COM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat , pada hari ini Sabtu, (11/07/2020) melakukan bimbingan teknis sehari kepada PPD Distrik Se-Kabupaten Sorong Selatan tentang tata cara pencocokan dan penelitian (COKLIT), pemutakhiran data pemiliH (PPDP) yang bertempat di aula Marthen Luter Wermit Distrik Teminabuan.

BIMTEK tersebut di hadiri oleh tiga komisioner KPUD yakni Nahum Krimadi, S.S, Yance Dere, SE, dan Isak Salamku, SE serta sekretaris KPUD Dominggus Kambu, SH dan Ketua PPD distrik bersama anggota se-Kabupaten Sorong Selatan.

Nahum Krimadi dalam sambutanya mengatakan beliau meminta keseriusan dalam menjalankan tanggung jawab ini secara baik. “Saya minta untuk di data PPD yang tidak hadir itu di ganti saja masih banyak orang yang butuh pekerjaan di Negara ini, pemilihan kepala daerah tidak main-main apalagi tentang pendataan yang selalu menjadi persoalan dari beberapa pengalaman lalu, maka diharuskan data ini secara kuantitatif tetapi juga komprehensif sehingga melindungi hak warga negara yang memiliki hak memilih dan dipilih serta dapat di terima oleh semua kalangan,” tutur Nahum.

Komisioner Yance Dere yang menangani devisi program dan data menyampaikan, berdasarkan UU No. 10 tahun 2016 pasal 57 sampai pasal 59 yang mana mengatur tentang data pemilih/data penduduk dan dijabarkan dalam PKPU No. 19 tahun 2019 tentang tata cara pemutakhiran data pemilih. Bimtek saat ini dengan dua wilayah yakni wilayah darat sepuluh distrik dan wilayah pantai lima distrik, wilayah darat yang sepuluh distrik di pimpin oleh Nahum Krimadi, S.S dan wilayah pantai di pimpin oleh Ketua Ester Homer.

“Metode pendataan yang mana kita tau pada saat pesta demokrasi yang lalu aplikasi SIDALI belum terkonek dengan aplikasi SIAK dari bagian kependudukan namun kali ini sudah terkonek maka dengan sendirinya perekaman E-KTP pada dukcapil akan masuk langsung ke kami melalui aplikasi SIAK.” kata Dere.

Sekretaris KPUD Sorsel, Dominggus Kambu, SH mengedukasi peserta terkait protokol kesehatan dalam situasi new normal, yakni cuci tangan, selalu gunakan masker, jaga jarak dan selalu utamakan kondisi fit dalam pekerjaan. Beliau juga secara kelembagaan menyiapkan APD kepada PPD yg bertugas di setiap distrik yakni masker, sarung tangan, sabun anti septik, pakain khusus yang berstandar WHO, wadah penampung air dan lain-lain. (Obaja/MIT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.