Pimpin Upacara HUT RI ke-76, Bupati Sumba Barat: Maknai Kemerdekaan Sebagai Kekuatan Bersama Hadapi Pandemi Covid-19

Waikabubak, MITC – Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH memimpin upacara memperingati HUT Ke-76 Republik Indonesia di Lapangan Manda elu – Kota Waikabubak, Selasa 17 Agustus 2021.

Hadir juga Wakil Bupati Sumba Barat, John Lado Bora Kabba, pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), tokoh agama dan masyarakat, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, dan sejumlah pimpinan instansi vertikal, pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat dan para undangan lainnya.
Peserta yang mengikuti upacara terbatas. Total ada 130 peserta upacara dari kalangan TNI, Polri, dan PNS.

Mengingat peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini berlangsung di tengah pandemi virus corona. Sehingga jumlah peserta pun dibatasi demi kebaikan bersama. Meski demikian, pelaksanaan HUT Ke-76 Republik Indonesia berlangsung secara khidmat dan tidak mengurangi nilai-nilai kebangsaan.

Dalam pidatonya, Bupati Sumba Barat menyampaikan bahwa semua yang hadir untuk memperingati Detik-Detik Proklamasi sebagai wujud melanjutkan cita-cita kemerdekaan itu. Sebagian besar di antara yang hadir dalam upacara, bukan pelaku sejarah dan atau turut merasakan denyut perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Namun demikian menurut Bupati Yohanis, ini merupakan bagian dari proses sejarah Bangsa dan Negara Indonesia, karena mewarisi nilai-nilai luhur perjuangan yang telah ditinggalkan oleh para pendahulu, sejarah tidak pernah berakhir, ia terus bergerak dalam dinamika yang telah lalu, sekarang dan yang akan datang.

Dengan demikian, katanya lagi, sejarah menjadi bermakna ketika berbagai nilai perjuangan yang telah diletakkan oleh para pendahulu, dapat dijaga dan dikembangkan dalam konteks kekinian dalam bingkai NKRI.

Lebih lanjut, Bupati Yohanis berharap dalam situasi pandemi ini, sejalan dengan tema peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia Untuk mewujudkan Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh ini semua elemen masyarakat harus satukan tekad dan semangat rela berkorban, bahu-membahu dalam menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di dalam lingkungan kehidupan masing-masing.

Momentum peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021, dapat menyadarkan semua untuk bersatu dalam satu tekad menjadikan Indonesia sebagai negara yang dicintai rakyatnya dan disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia, serta memberikan keamanan dan kenyamanan serta kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Usai upacara, Bupati Sumba Barat dan mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke-76 dari Istana Negara Jakarta secara virtual.

Laporan : Erton Dethan

Editor : Alberto Tatibun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.