Melki Laka Lena Ajak Semua Pihak Gotong Royong Dukung Pemerintah Lawan Covid-19

Kupang, MITC – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena atau yang akrab disapa Melki Laka Lena mengajak semua pihak secara gotong royong mendukung pemerintah mempersiapkan berbagai kebutuhan penanganan Covid-19 di Indonesia. Termasuk tenaga kesehatan yang memadai baik yang ada di rumah – rumah sakit maupun di tempat – tempat isolasi terpusat lainnya.

”Terkait dengan kondisi penanganan Covid saat ini, kita harus terus mendukung pemerintah agar bisa mempersiapkan berbagai kebutuhan terkait dengan tenaga kesehatan yang memadai, baik yang ada di rumah sakit maupun tempat – tempat isolasi terpusat. Juga ketersediaan dari obat dan alat kesehatan khususnya oksigen yang dibutuhkan hari – hari ini dalam jumlah yang cukup banyak terutama di Jawa, Bali dan berbagai daerah lain di Indonesia. Semoga semua kesiapan ini mampu menekan angka kematian dan juga mereka yang membutuhkan obat – obatan dan Alkes serta tenaga kesehatan bisa dilayani dengan baik,” kata Melki lewat pesan suara WhatsApp, Sabtu (10/7/2021).

Melki Laka Lena juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah membantu penanganan covid-19 di tanah air, juga mereka yang dari luar negeri termasuk kelompok diaspora Indonesia yang membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia, termasuk negara-negara sahabat, perusahaan multi nasional. Semoga kerjasama kita semua ini mampu mempercepat pengendalian Covid-19 di tanah air,” tandasnya.

Menurutnya terkait dengan tenaga kesehatan yang semakin terbatas, tentu didorong agar memformulasi kembali bagaimana mempersiapkan tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan covid-19 di rumah sakit maupun tempat – tempat isolasi terpusat di berbagai tempat.

”Dengan keterbatasan ataupun teman – teman yang selama ini menangani Covid yang sudah semakin lelah. Kita perlu memikirkan sebuah pola yang bisa bergerak baik di lapangan agar tenaga kesehatan yang ada dikerahkan yang dalam istilah kami adalah pengerahan kekuatan tenaga kesehatan semesta. Dimana semua tenaga kesehatan yang hari ini bekerja di berbagai tempat pelayanan kesehatan khususnya di rumah sakit rujukan Covid maupun semua rumah sakit di Indonesia termasuk juga mereka yang bekerja di puskesmas itu perlu dipersiapkan dengan baik bagi mereka yang memang bisa didorong dalam penanganan Covid-19 ini terutama mereka berusia produktif untuk mengisi kekurangan tenaga kesehatan di tanah air. Termasuk juga teman – teman kesehatan yang sudah lulus dari berbagai kampus agar mempermuda proses STR-nya sehingga bisa membantu pelayanan Covid maupun non covid. Karena non Covid juga harus mendapat perhatian,” urai Laka Lena

Kita ingin agar semua pihak bisa bersama – sama bekerja untuk pelayanan covid-19 maupun pelayanan kesehatan lain di tanah air,” lanjutnya.

Melki berharap agar semua anak bangsa yang lagi kuliah di tingkat akhir, baik di kedokteran, farmasi, perawat, bidan dan berbagai fakultas kesehatan yang lain juga perlu dipersiapkan untuk menjadi tenaga kesehatan cadangan karena ini kondisi negara memanggil maka mereka juga harus mempersiapkan diri untuk bisa membantu penanganan covid-19 maupun penanganan pelayanan kesehatan lain yang juga membutuhkan perhatian.

”Jadi tambahannya tenaga kesehatan harus dipikirkan yang selama ini tidak menangani covid-19, plus yang sudah lulus tapi belum ada STR agar dipermudah dengan syarat tetentu oleh Kemenkes dan organisasi profesi masing-masing, yang semester akhir relatif sudah siap juga dipersiapkan untuk membantu, ” tandas Laka Lena (AAT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.