Hampir Punah, Kantor Bahasa Maluku Gandeng Kemdikbud Teliti Vitalitas Bahasa Teon

Masohi, MITC – Pengambilan data penelitian vitalitas Bahasa Teon di Kabupaten Maluku Tengah Kecamatan Teon Nila Serua Desa Watludan pada Senin, (29/03/2021)

Tim bahasa kepada mediaindonesiatimur.com mengatakan bahwa badan pengembangan dan pembinaan bahasa melakukan kegiatan penelitian vitalitas bahasa teon di Desa Watludan Kecamatan Teon Nila Serua Kabupaten Maluku Tengah.

Kegiatan ini dengan tiga narasumber yaitu dari Kemendikbud dan Kantor Bahasa Maluku dan dihadiri oleh Kepala Desa Watludan, tokoh-tokoh adat, saniri, pelajar, pemuda dan orang tua, bertempat di rumah Adat Desa Watludan

Salah satu narasumber, Dr. Tengku Syarfina, M.Hum dari Kemdikbud yang diwawancarai mediaindonesiatimur.com usai kegiatan mengatakan bahwa, “kegiatan ini bertujuan untuk dapat meningkatkan bahasa daerah dalam hal ini (bahasa teon) yang hampir punah sebab generasi sakarang tidak lagi menggunakan bahasa teon tapi mereka lebih banyak menggunakan bahasa malayu ambon.

Sedangkan narasumber ke dua yaitu Erniati, S.S.,M.Si dari Kantor Bahasa Maluku mengatakan bahwa, “bahasa teon lebih jadi fokus utama untuk dikembangkan saat berkomunikasi. Ada 4 tahap yang harus dilakukan yaitu pertama konferfensi, kedua, tata bahasa, ketiga, penelitian vitalitas, revitalisasi bahasa teon. Tujuannya ialah untuk menyelamatkan bahasa teon yang hampir punah, dan juga untuk dunia pendidikan.” tutupnya (Gardatedu)

Editor : Alberto Tatibun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.