STKIP SOE Gelar PKM Bertema Biology Go Green Kolaborasi

SOE, MITC – Program Studi Pendidikan Biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SoE melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), yang bertema “Biology Go Green Kolaborasi”. Kegiatan ini ditandai dengan Aksi Penghijauan di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Sabtu (27/03/2021).

Turut berpartisipasi aktif para Dosen Program studi Biologi dan Himpunan Mahasiswa Program studi Serambi.

Dr. Yes M. L. Malaikosa, M.Pd, Ketua penyelenggara kepada mediaindonesiatimur.com mengatakan bahwa kegiatan PKM merupakan bagain terpenting Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan harapan kegiatan ini berdampak positif bagi masyarakat.

“Kegiatan ini bagian penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, oleh karena itu secara otomatis Dosen dan Mahasiswa perlu berkolaborasi untuk bekerjasama melakukan kegiatan yang Positif dengan harapan akan memberi dampak yang Positif pula terhadap masyarakat,” kata Malaikosa

“Alasan memilih Desa Noinbila sebagai Lokasi berlangsungnya PKM karena Lokasi yang Gersang yang mana sejauh ini belum diadakan aksi penghijauan, dan oleh karena programnya penghijauan maka sasaran kegiatan ini dilakukan di Lokasi Baru Kampus STKIP SoE,”

“Saya berharap Dosen dan Mahasiswa tetap bekerja sama dalam menjalankan PKM di masa yang akan datang dengan program-program dan kegiatan yang berbeda sehingga Progdi Biologi tetap produktif dan yang terpenting adalah kegiatan ini dapat menjawab kebutuhan reakreditasi”, tutur Dosen Program Studi Pendidikan Biologi itu.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Dian R. Sabat , S.Si., M.Pd yang juga hadir dalam aksi penghijaun mengatakan bahwa Kegiatan PKM merupakan bentuk kerjasama antara dosen dan mahasiswa.

“Kegiatan PKM adalah bentuk kerjasama antara Mahasiswa dan Dosen sehingga perlu dipahami bahwa keberadaan Kampus merupakan bagian dari masyarakat,” ungkapnya

Dikatakan, Kaprodi Biologi itu, kegiatan soal persiapan reakredtasi Progdi Biologi yang akan terlaksana di tahun 2022 dan dalam persiapan reakreditasi perlu dipersiapkan data yang valid seperti diadakannya penelitian, pengabdian, dan pengajaran sebagai bukti yang kemudian akan dikirim ke Dikti.

Menurutnya, Kegiatan PKM bukan saja sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi, melainkan menjalin erat kerjasama dan persaudaraan antara Mahasiswa dan Dosen, sehingga kerjasama tidak hanya terlaksana di Kampus melainkan diluar kampus.

Penulis : Cici Talan

Editor : Alberto Tatibun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.