HIMPIPA STKIP Weetebula Gelar Baksos di Pantai Manangga Aba

Tambolaka, MITC – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA (HIMPIPA) Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Weetebula melaksanakan aksi Bakti Sosial (Baksos) di sepanjang pesisir Pantai Manangga Aba, Desa Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Sabtu (13/02/2021).

Aksi baksos yang merupakan pemungutan sampah di sepanjang pesisir pantai itu melibatkan puluhan mahasiswa HIMPIPA yang terbagi atas 4 kelompok yang tergabung dari Prodi IPA dan Fisika yang di koordinir oleh masing-masing kelompok yakni Ketua HIMPIPA, Marianti Takanjanji, David Bora, Carola, Jois Gelo, dan Armi. Selain pemungutan sampah, HIMPIPA juga lakukan pemilahan sampah berupa botol plastik yang bisa di daur ulang, seperti pembuatan Ecobrick.

Ketua HIMPIPA, Marianti Takanjanji kepada mediaindonesiatimur.com mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan aksi nyata mahasiswa peduli lingkungan, dimana mahasiswa harus hadir di tengah masyarakat.

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk mahasiswa peduli lingkungan, apalagi SBD ini merupakan daerah pariwisata sehingga kami lakukan pemungutan sampah di sepanjang pesisir pantai. Kita tahu bersama bahwa pantai manangga aba ini sering dikunjungi wisatawan,” Kata Ketua HIMPIPA yang juga sebagai Aktivis PMKRI Cabang Tambolaka Santo Agustinus.

Lanjut Ketua HIMPIPA, “Selain pemungutan sampah kami juga lakukan pemilahan sampah plastik yang akan di pakai untuk pembuatan Ecobrick,” ungkap Ketua HIMPIPA

Marianti Takanjanji juga mengatakan bahwa kegiatan baksos itu yang pertama kali dilakukan dan akan berkelanjutan dan semoga menjadi contoh bagi yang lain.

“Melalui kegiatan ini semoga menjadi contoh bagi teman-teman yang lain dan semoga kegiatan ini terus berkelanjutan,” kata Marianti Takanjanji

Marianti juga menyadari bahwa dirinya tanpa teman-teman maka tidak akan bisa berbuat apa-apa, sehingga dirinya tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada teman-teman HIMPIPA dan semua pihak yang turut serta mendukung kegiatan itu.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut membantu serta mendukung kegiatan ini. Tanpa ada dukungan kami bukan apa-apa,” ungkap Marianti.

Ketua HIMPIPA juga menyampaikan bahwa tidak hanya dilakukan kegiatan seperti itu saja di pantai, kedepannya akan lakukan kegiatan yang serupa di beberapa tempat, serta kegiatan baksos itu berjalan lancar, aman dan tertib sesuai protokol kesehatan.

Secara terpisah Ketua BEM STKIP, Ferdinandus F. R. Ghoghi kepada media ini menyampaikan apresiasi terhadap kekompakan HIMPIPA dalam kepedulian lingkungan. Dirinya berharap bahwa dengan adanya aksi sosial ini, kedepannya dari elemen masyarat maupun pengunjung agar sama-sama menjaga kebersihan lingkungan.”

Penulis : Yanto Tena
Editor : Alberto Tatibun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.