Antisipasi Kekeringan, Pemdes Tebara Kota Waikabubak Adakan Sumur Gali di Sawah

WAIKABUBAK, MIT.COM – Guna untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kedaulatan pangan masyarakat ditengah pandemi covid-19. Pemerintah Desa membuat sumur di sawah untuk keperluan pertanian dan perkebunan. Pembuatan sumur gali di sawah menjadi solusi terbaik mengatasi masalah kekeringan di musim kemarau. Karena masyarakat bisa tanam padi kedua bahkan ketiga. Begitu juga dengan variasi menanam tanaman hortikultura di Desa Tebara, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.

Demikian disampaikan Kepala Desa Tebara, Marthen Ragowino Bira, SS pada Jumat, (10/07/2020) kepada mediaindonesiatimur.com, pembuatan sumur gali di sawah menjadi solusi terbaik untuk mengatasi kekeringan sawah di musim kemarau. Ide ini muncul dari hasil musyawarah masyarakat desa. Apalagi Pemerintah Desa Tebara dan Bumdes Iyya Tekki sudah mengoperasikan Lumbung Desa Tebara dan akan segera mengoperasikan Pasar Desa Tebara, yang diharapkan akan menjadi Pusat Pergerakan Ekonomi Warga Desa Tebara. Tujuan akhirnya peningkatan pendapatan masyarakat. Terbukanya lapangan kerja dan lapangan usaha serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Jika terjadi peningkatan kesejahteraan, maka akan meningkat pula perbaikan tingkat kesehatan, mengurangi angka stunting dan gizi buruk, serta perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berujung pada peningkatan kualitas Indeks Prestasi Manusia (IPM),” ujar Matrhen.

Marthen Mengatakan lebih lanjut, banyak hal positif lainnya yang sebenarnya bisa kita lakukan, hanya bagaimana cara kita menjalankan. Kalau kita hanya menjadi penonton, kapan lagi, apalagi kita sedang di landa pandemi Covid-19.

“Selain menanam padi, masyarakat juga bisa menanam tanaman hortikultura seperti sayur-sayuran, buah-buahan, tomat, cabe, bawang. Sehingga bisa meningkatkan pendapatan keseharian masyatakat. Sementara ini, dari 5 strata desa “Sangat Tertinggal, Tertinggal, Berkembang, Maju dan Mandiri”. Dengan semua yang dilakukan Pemerintah Desa Tebara, Bumdes Iyya Tekki dan kerja sama masyarakat Desa Tebara membuat Desa Tebara sudah berada pada strata Desa Maju,” ungkap Marthen

“Saya berhadap di masa-masa sulit seperti ini, pembuatan sumur gali semoga mempunyai dampat positif terhadap masyarakat dan masyarakat harus serius mengambil peluang ini. Sehingga dirasakan manfaatnya dan tentunya Desa Tebara akan segera menjadi Desa Mandiri.” tutupnya (Yanto/MIT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.