Kadis DKP NTT : 65 Unit Kapal 3 GT dan 130 Unit Ketinting Akan Segera Disalurkan ke 22 Kabupaten/Kota di NTT

KUPANG, MEDIAINDONESIATIMUR.COM – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT, Ganef Wurgiyanto, A.Pi, kepada mediaindonesiatimur.com Jumat, (12/06/2020) siang, diruang kerjanya, mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menyerahkan bantuan sebanyak 65 unit kapal motor kapasitas 3 gross tonnage (GT) dan 130 unit perahu motor ketinting di 22 Kabupaten/Kota  di Wilayah Nusa Tenggra Timur.

Wurgiyanto menjelaskan untuk 65 unit kapal berkapasitas 3 GT itu dibagi sesuai dengan jumlah proposal yang masuk, untuk itu pihaknya sementara ini mengidentifikasi lokasi-lokasi yang mendapatkan bantuan sesuai jumlah proposal dari daerah-daerah di Propinsi NTT yang masuk.

“Sementara untuk bantuan perahu motor ketinting sebanyak 130 unit ini akan dibagikan ke dua daerah di NTT yaitu Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Belu, dengan tujuan dua Kabupaten yang menjadi pilihan untuk menyalurkan 130 unit perahu ketinting ini agar pihaknya fokus mengontrol dan menghitung nilai bisnisnya,” ungkap Wurgiyanto

“Untuk menghitung nilai bisnisnya, kami akan bekerja sama dengan PT. Flobamora untuk menghitung nilai bisnis dan pemasaranya sehingga nilai bisnis dan pemasaran terukur dan tidak merugikan daerah,” kata Wurgiyanto

Terpisah, salah seorang, staf PT. Putra Unggul, Om Kus, yang di temui di lokasi galangan kapal di wilayah Nunkurus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, mengakui pihak perusahan sedang melakukan pengerjaan finishing 65 unit kapal 3 GT dan 130 Unit kapal motor ketinting dikerjakan dengan masa kerja 90 hari kerja deadline waktu kerja dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT.

Ketika ditanya, terkait penyaluran perahu motor 3 GT sebanyak 65 unit ini, kata Kus, khusus 65 unit perahu ini sesuai dengan jumlah kursi Dewan Propinsi NTT, karena di Dewan Propinsi NTT jumlah Anggota Dewan sebanyak 65 orang anggota maka, bantuan perahu motor ini sesuai dengan jumlah kursi mereka.

Kapal-kapal bantuan yang telah disiapkan (Foto: Balla/MIT)

Lebih jauh, Kus, mengisahkan, bantuan kapal motor 65 unit ini, bagi mereka yang memiliki hubungan keluarga di dewan pasti mendapat 1 unit kapal karena bantuan ini merupakan hasil kerja kunjungan Anggota Dewan ke daerah daerah pemilihan mereka dan kemungkinan titipin anggota dewan atau kelompak yang membuat proposal, mengingat anggaran untuk pengadaan perahu ini dananya bersumber dari dana pokir anggota dewan.

Sementara untuk bantuan 130 unit perahu motor ketinting yang juga sedang dalam proses pengerjaan finishing, kata Kus, pihaknya mengetahui hanya di bagi di dua kabupaten di NTT namun belum tau pasti berapa banyak perahu motor ketinting yang akan di bagi di dua Kabupaten tersebut,

Pria asal pulau Ternate ini, mengharapakan bantuan 65 unit kapal 3 GT ini betul-betul di manfaatkan mereka yang mata pencaharian di laut sehingga benar-benar menikmati hasil dari laut, tutupnya. (Balla/MIT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.