Rumah Sakit Pratama Amfoang Segera Di Bangun, Begini Penjelasan Okto La’a

Kupang, MITC – Bupati Kupang Korinus Masneno mengungkapkan tahun 2024 akan di bangun Rumah Sakit Pratama (RSP) di Kecamatan Amfoang Kabupaten Kupang dengan anggaran Rp70 Miliar.

Pembangunan RS Pratama di Amfoang ini menurut Bupati Korinus sebagai persiapan sarana prasarana pendukung DOB Amfoang.

“Kenapa waktu pembicaraan awal itu kita lakukan bersama Pa Melki Laka Lena di Amfoang Selatan? Pertimbangannya waktu itu banyak. Tapi sayalah waktu itu yang memberikan pertimbangan bahwa harus ada di Amfoang Utara karena Amfoang Utara adalah calon ibu Kota DOB Kabupaten Amfoang” jelas Bupati Korinus Saat meresmikan Puskesmas Naikliu, Kamis (15/6/2023) melansir youtube Media Suara Harapan.

Terkait pembangunan rumah sakit Pratama Amfoang ini Anggota DPRD Kabupaten Kupang Fraksi Golkar Okto La’a mengatakan tidak terlepas dari bantuan dan perjuangan Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI Melki Laka Lena.

“Pembangunan RS Pratama ini disampaikan langsung Pa Melki Laka Lena kepada masyarakat Amfoang saat menghadiri acara pelaksanaan vaksin Covid-19 di Puskesmas Lelogama pada tanggal 13 November 2021 yang juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Kupang serta Anggota DPRD Kab Kupang Dapil Amfoang, ” Jelas Okto La’a, Rabu 21 Juni 2023.

Okto La’a mengisahkan setelah kegiatan di Amfoang, Melki Laka Lena meminta kepada kader Partai Golkar untuk segera berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan di wilayah Amfoang untuk menyiapkan lahan. Dengan memperhatikan kondisi akses jalan dari dan ke Amfoang maka dipilih Amfoang Utara Sebagai calon lokasi pembangunan RS Pratama.

“Terkait pembangunan Rumah Sakit Pratama Amfoang, Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Kupang dan Pihak Dinkes Kabupaten Kupang menemui Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Pa Melki Laka Lena di senayan pada Tahun 2022 yang lalu untuk minta restu dan dukungan beliau untuk membantu memperjuangkan,” jelas Okto.

Sementara Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan Kementerian Kesehatan RI akan membangun tiga rumah sakit Pratama pada tahun 2024 di tiga daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur guna mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Melalui perjuangan kami di Komisi IX DPR-RI, tahun 2024 ini akan dibangun tiga rumah sakit Pratama di NTT yaitu Rumah Sakit Pratama di Amfoang Kabupaten Kupang, Rumah Sakit Pratama di Kabupaten Ngada dan di Kabupaten Flores Timur,” kata Polisi Golkar yang akrab disapa Melki Laka Lena usai meninjau pembangunan Rumah Sakit Pratama Ponu di Kabupaten Timor Tengah Utara, Rabu, (21/6/2023).

Dia menjelaskan sepanjang tahun 2022 – 2023 sudah 4 rumah sakit Pratama yang telah direalisasikan pembangunannya oleh Kementerian Kesehatan RI yaitu Rumah Sakit Pratama Kualin di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Rumah Sakit Pratama Ponu di Kabupaten Timor Tengah Utara, Rumah Sakit Pratama Reok di Kabupaten Manggarai dan Rumah Sakit Pratama Wewiku di Kabupaten Malaka. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.