Ketum Golkar, Airlangga Hartarto Jumpa Petinggi LDP Jepang Wacanakan Pertukaran Pemuda

Jakarta, MITC – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan sejumlah pimpinan teras partai yang berkuasa di Jepang, Partai Demokrat Liberal (LDP). Dalam pertemuan ini kedua belah pihak gagas rencana pertukaran pemuda LDP dan Pemuda Golkar yang akan ditindaklanjuti melalui Golkar Institute.

Dalam pertemuannya dengan salah satu tokoh senior LDP, Taro Kono, Airlangga membahas beberapa topik di antaranya rencana pertukaran pemuda LDP dan Pemuda Golkar yang nanti akan ditindaklanjuti melalui Golkar Institute.

Taro Kono pernah memegang tiga posisi menteri dan kandidat PM dan pernah menjadi menlu, menteri pertahanan, dan terakhir menteri urusan vaksin.

Kono dipercaya akan memimpin pemerintahan sebagai pengganti Yoshihide Suga yang mengundurkan diri, walau akhirnya secara tak terduga ia harus mengakui keunggulan Fumio Kishida dalam pemilihan Presiden LDP pada September 2021.

“Kami juga membahas berbagai masalah terkait isu geopolitik global dan Indo Pasifik,” kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Jumat (29/7/2022).

Airlangga juga menemui Fumio Kishida, Chairman LDP sekaligus Perdana Menteri Jepang sekarang ini, yang menggantikan Yoshihide Suga. Kishida terpilih sebagai pemimpin tertinggi LDP setelah mengungguli Taro Kono. Dalam kesempatan ini Airlangga mendampingi Presiden Joko Widodo.

Pertemuan antara Airlangga dan Fumio membahas hubungan antara LDP dengan Partai Golkar. Golkar selama ini memiliki kedekatan khusus dengan LDP, Partai yang secara turun temurun dikuasai oleh keluarga dari para politisi ternama di Jepang.

Pasca Shinzo Abe dan Yoshihide Suga, LDP terus memimpin pemerintahan Jepang melalui PM Fumio Kishida. Golkar saat ini juga berada di pemerintahan. Pertemuan antara Airlangga dan Fumio Fukuda berlangsung akrab.

Di samping karena pertemanan baik keduanya secara pribadi, tentunya juga dipengaruhi faktor kepartaian dan hubungan antarpemerintah. Sejumlah kesepakatan juga dicapai dalam pertemuan dengan Tatsuo Fukuda, pemimpin LDP yang juga anggota parlemen.

Tatsuo, yang kakek serta ayahnya mantan PM yakni Takeo Fukuda dan Yasuo Fukuda, bertemu Airlangga dengan didampingi dua pembantu utamanya, Arata Takebe dan Shimono Rokuta, dari Kementerian Agriculture, Forestry and Fisheries. (*detik.com/aat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.