Melki Laka Lena: Turunkan Angka Stunting Dibutuhkan Kolaborasi Semua Pihak dan Partisipasi Tangguh Masyarakat

Soe, MITC – Angka prevalensi stunting di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) mencapai 48,3 persen. Angka ini paling tinggi di NTT, bahkan di Indonesia. Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena menyampaikan untuk menekan angka ini tentu dibutuhkan kolaborasi semua pihak dan membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat yang tangguh untuk mengatasi masalah stunting tersebut.

Demikian disampaikan Melki Laka Lena saat melakukan kampanye percepatan penurunan angka stunting bersama mitra kerja BKKBN NTT di Aula Gereja GMIT Imanuel Boking, Desa Boking, Kecamatan Boking, Kabupaten TTS, Minggu (24/04/2022), petang.

Menurut Melki, peran keluarga sangat besar dalam menghadapai masalah stunting

“Mengatasi masalah Stunting ini membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat, tidak akan bisa berhasil kalau dukungan dan partisipasi aktif dari masyarakat itu tidak ada, karena ini ujung (hulu) semua ada di bapak mama (masyarakat), ada di keluarga-keluarga kita yang harus tangguh menghadapi persoalan stunting ini,” kata Melki Laka Lena.

Kegiatan tersebut, kata dia, sebagai sebuah langkah kongkret yang diperlukan untuk mempercepat penurunan angka stunting yakni dengan melibatkan mitra kerja untuk memperluas jangkauan intervensi sesuai dengan kebutuhan sasaran dan potensi yang dimiliki mitra kerja Untuk mencapai target pravelensi stunting 14% di tahun 2024.

“Dibutuhkan rata-rata peurunan prevelensi stunting setiap tahunnya sebesar 2,7 % dalam 5 tahun. Untuk bisa mencapai target prevelensi 14% dibutuhkan stranas penangana stunting yang lebih aggresif serta kerja keras pemerintah pusat dan daerah,” tandas Legislator Golkar ini.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, Perwakilan BKKBN Provinsi NTT, Mikhael Yance Galmin menjelaskan, upaya percepatan penurunan stunting terus dilakukan BKKBN, salah satunya melalui penerapan Aplikasi Elektronik siap nikah dan hamil (Elsimil). Kata dia, aplikasi ini merupakan aplikasi skrining, edukasi dan pendampingan calon pengantin untuk memastikan catin berada dalam kondisi ideal untuk menikah dan hamil.

“Strategi Pencegahan Stunting dari Hulu diimplementasikan dalam bentuk aplikasi Elsimil yang berfungsi sebagai, alat skrining untuk mendeteksi faktor risiko pada Catin, menghubungkan Catin dengan Pendamping, media edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil, terutama yang terkait faktor risiko stunting, serta alat pantau kepatuhan Catin dalam melakukan treatment untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat,” jelas Mikhael.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten TTS, dr. R. A. Karolina Tahun dalam kesempatan tersebut menyampaikan upaya pencegahan stunting melalui pengasuhan 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

dr. Ria sapaan karib dr. R. A. Karolina Tahun ini menjelaskan, upaya pencegahan fokus pada1000 HPK yang bisa dilakukan yakni, ibu hamil wajib memeriksakan kehamilannya minimal 4 kali di tenaga kesehatan, sampai melahirkan bayi kemudian menjaga status gizi anak tetap baik dan menghindari penyakit infeksi sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak dan remaja.

“Khusus anak remaja putri sesuai dengan program pemerintah kini mendapatkan tablet tambah darah 1 kali setiap minggu untuk mencegah anemia. Stunting bisa dicegah dengan memastikan Kesehatan yang baik dan gizi yang cukup pada 1000 hari pertama kehidupan,” jelasnya.

Disela-sela kegiatan ini, Melki Laka Lena juga menyerahkan langsung bantuan antigen gratis kepada pihak Puskesmas Boking, Camat Boking, Komandan Pos Angkatan Laut Kecamatan Boking, Polsek Kecamatan Boking serta Pendeta GMIT Imanuel Boking. (*Leader_Igo/Alberto Tatibun).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.