Melki Laka Lena Hadiri Penganugerahan Gelar Profesor Kehormatan Dokter Terawan Putranto

Kupang, MITC – Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menerima gelar Profesor Kehormatan atau Guru Besar Tidak Tetap Ilmu Pertahanan Bidang Kedokteran Militer dari Fakultas Kedokteran Militer, Universitas Pertahanan (Unhan) di Kampus Bela Negara Sentul, Jawa Barat pada Rabu (12/1/2022).

Pemberian gelar kepada Terawan ini juga disaksikan langsung oleh mantan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Juga, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena.

Gelar ini diberikan langsung oleh Rektor Unhan, Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian dalam sidang terbuka Pengukuhan Profesor Kehormatan Kepada Letjen TNI (Purn) DR. dr. Terawan Agus Putranto.

Amarulla mengatakan, Terawan pantas mendapatkan gelar kehormatan di Unhan karena pengabdiannya sebagai dokter di Rumah Sakit TNI.

“Dedikasi dan pengabdian diberikan sebagai tenaga medis di berbagai rumah sakit TNI banyak mendapat penghargaan. Beberapa kali tergabung dalam satuan tugas militer juga telah dilaksanakan dengan tuntas,” kata Amarulla di Kampus Bela Negara Sentul, Jawa Barat, Rabu (12/1/2022).

Selain itu, pengalaman dan keterampilan Terawan sebagai prajurit TNI sekaligus tenaga medis yang bertugas di Tim Dokter Kepresidenan mulai tahun 2009 hingga menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto periode 2015-2019 juga menjadi pertimbangan Unhan memberikan gelar kehormatan.

“Presiden Joko Widodo juga menunjuk Terawan sebagai Menkes periode 2019-2020,” sambungnya. Kemudian, Terawan juga pernah menjabat sebagai ketua The International Committee of Military Medicine (ICMM) periode 2015-2017.

“Selama ini beliau juga dikenal sebagai tenaga medis yang kreatif dan inovatif, beberapa karya ilmiah bidang kesehatan militer mendapat pengakuan dan penghargaan internasional selama beberapa tahun,” jelas Amarulla seperti dilansir dari mediantt.com. (*/JDZ/AAT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.