Senat Mahasiswa Unkriswina Sumba Selenggarakan Webinar Internasional Bertema Lingkungan

Waingapu, MITC – Pada Selasa, (22/06) Senat Mahasiswa Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba menyelanggrakan Webinar Skala Internasional yang bertema ‘Jurnalisme Lingkungan Jurnalisme Hidup dan Nilai Aplikatif Dalam Pengembangan Potensi Pemuda Indonesia’, terselengaranya kegiatan ini berkat sinergi program dengan Lembaga International Agriculture Scientists Forum (IASF).

“Ketua Senat Unkriswina, Efraim Nggaba mengutarakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk pola dasar mahasiswa dan masyarakat Indonesia guna menjaga dan melindungi lingkungan kita mulai dari kebersihan lingkungan serta menciptakan penghijauan yang alami di lingkungan sekitar kita sendiri guna melestarikan agar kelak dapat dimanfaatkan oleh generasi berikutnya,”

Jika hal ini sudah menjadi budaya pribadi di lingkungan kita, maka kita sendiri akan menjadi pelaku utama dalam memperjuangkan kemajuan Sumber Daya Manusia yang berkualitas untuk memiliki lingkungan yang menguntungkan. Untuk meraih hal tersebut perlu adanya pemuda yang berjiwa rasa memiliki tinggi terhadap sesuatu juga serta perannya sehingga dapat memperolah hasil atau nilai nilai yang bermoral.

Rektor Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Dr. Maklon Pelipus Killa, S.E., M.Si  ketika membuka kegiatan Webinar International ini, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Isu lingkungan hidup telah menjadi perhatian dunia beberapa dekade belakangan ini, yang kemudian menjadi isu yang mengemuka manakala terjadinya peningkatan intensitas bencana alam pada akhir-akhir ini. Perubahan lingkungan hidup sangat beririsan dengan perilaku manusia,”

Dalam konteks pelestarian lingkungan hidup, maka diperlukan perilaku manusia yang berupaya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Upaya untuk mengembangkan perilaku manusia yang menjaga lingkungan hidup, tidaklah mudah. Butuh upaya yang ekstra melalui edukasi baik secara formal maupun informal. Sehingga peran jurnalisme lingkungan menjadi sangat penting dalam proses edukasi tersebut.

Sebagai Rektor Unkriswina, saya bangga atas upaya dan inisiasi Lembaga Kemahasiswaan Unkriswina Sumba dalam menghadirkan Webinar Internasional dengan tema “Jurnalisme Lingkungan Hidup dan Nilai Aplikatif dalam Pengembangan Potensi Pemuda Indonesia”. Tentunya kegiatan ini merupakan tanggung jawab mahasiswa Unkriswina Sumba sebagai bagian dari Pemuda Indonesia secara umum dalam memperkenalkan pola dan perilaku yang sesuai untuk mendukung dan melestarikan lingkungan alam. Semoga kegiatan webinar internasional ini berjalan dengan baik, sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai,” Killa

Webinar Internasional ini sebenarnya menghadirkan Tujuh orang narasumber namun Tiga Orang narasumber tidak Hadir dikarenakan sinyal atau jaringan Internet yang tidak mendukung sehingga Kegiatan tersebut hadiran empat orang Narasumber yaitu :

1. Abdul Muthalib Angkotoppsan, M.Si
Sebagai Dosen Unkhair Ternate Topik Materi nya: Jurnalisme Lingkungan Hidup Berbasis Pengawasan dan Optimalisasi Sumberdaya Perikanan dan Kelautan

2. Firat Meiyasa, S.P., M.Si
Sebagai Dosen Unkriswina Sumba Topik Materi nya: Pangan dan Korelasinya Terhadap Lingkungan Aplikatif dan Jurnalistik

3. Didik Aprilianto
Sebagai Aktivis Lingkungan Topik Materi nya: Peran Pemuda Dalam Pengembangan Lingkungan Yang Optimal.

4. Ruri Arimbi, S.Si
Sebagi CEO PT Nectars Natura Karya Topik Materi nya: Jurnalisme Lingkungan dan
Perannya Dalam Optimalisasi Women Enterpreneur.

Kagiatan ini dimoderatori oleh Elfis Umbu Katongu Retang, S.TP., M.Agb, Ketua Prodi Agribisnis Unkriswina Sumba. Dalam closing statement, Umbu Retang menyampaikan, “Mari kita bersama sama dengan menulis, merangkai dan merajut sebuah kearifan lokal yang ada di sekitar kita sehingga bisa menjadi kekuatan global.”

Editor : Alberto Tatibun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.