Relawan UNKRISWINA SUMBA Serahkan Bantuan Sembako Untuk Korban Bencana Seroja Sumba Timur

Waingapu, MITC – Jumat 16 April 2021, bertempat di RT 06, Rw 05 Desa Tandula Jangga Kecamatan Karera Kabupaten Sumba Timur relawan Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina-Sumba) menemui ibu Yuliana Maramba Hau sebagai RT 06 meminta data terdampak dan menyalurkan bantuan berupa Sembako sebanyak 25 KK yang terdampak bencana badai siklon seroja yang diserahkan pihak relawan Wira Wacana.

Sebagai Ketua RT 06 dan sebagai terdampak menyampaikan saat kejadian banjir dan badai seroja sangat merasa ketakutan sehingga mengungsi di rumah warga terdekat bersama keluarga. Dan juga mengalami kesusahan air bersih selama 1 minggu dan Lahan pertanian juga hampir setegah bagian yang mengalami kerusakan dari banjir dan tepatnya pada tanggal 13 april 2021 RT 06 memperoleh perhatian dari Posko Penanggulangan Bencana Kecamatan Karera dengan mendapatkan bantuan dari pihak pemerintah.

Dalam Pembagian sembako yang dilakukan oleh Unkriswina Sumba akan berjalan dengan pemetaan beberapa titik wilayah yang belum terbantu untuk meringankan beban terdampak. Mekanisme pembagian bantuan sembako oleh Unkriswina Sumba dengan menempuh mekanisme atas petunjuk RT 06, Rw 05 Desa Tandula Jangga, Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur untuk salurkan langsung ke warga terdampak sehingga tersentuh langsung dan tepat pada sasaran yang membutuhkan.

Hal ini dapat dilakukan dengan baik dan efektif karena donasi yang tersedia dari berbagai relawan yakni Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba, Indonesian Overseas Alumni (IOA), Komunitas Kita Peduli, Senat Mahasiswa STT GKE Banjarmasin, Wahana Pencinta Alam (Wanapala), Mahapala STIA MALANG, R-Kompas dan Universitas Kristen Satya Wacana. Yang di salurkan langsung oleh Tim Relawan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba yang sudah Terbentuk sejak Tanggal 4 April 2021.

Bapak Hiwal Maramba Hau salah satu korban bencana dari warga RT 06 menuturkan, “merasa ketakutan dengan melihat keadaan rumah dapur yang sudah jatuh karena banjir dan angin sehingga tepatnya pukul 02.00 dini hari tanggal 4 sampai tanggal 10 April 2021 bersama istri mengungsi di rumah bapak Kapading Maramba Ndidi”

Sebagai satu warga terdampak bencana Bapak Hiwal Maramba Hau sangat berterima kasih kepada kampus Unkriswina Sumba yang sudah turut merasakan keadaan kami yang terdampak sehingga membantu berupa sembako lewat open donasi korban banjir dan badai siklon seroja di Kabupaten Sumba Timur.

Laporan: Efraim Nggaba

Editor: Alberto Tatibun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.