Peringati Hari Perempuan Internasional, GMKI Ambon Gelar Kegiatan Dialog Interaktif

Ambon, MITC – Senin, (08/03/2021) dalam rangka memperingati hari Perempuan Internasional,  GMKI Cabang Ambon menyelenggarakan kegiatan Dialog Interaktif dengan Tema “Peran Perempuan dalam Pergerakan Pemuda” bertempat di Student Center GMKI Ambon.

Dialog ini menghadirkan perempuan-perempuan hebat dan cerdas dari masing-masing organisasi kepemudaan antara lain Wulan Ningsih Reasoa (Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan BPC GMKI Ambon masa bakti 2020-2022), Mega Lina (Ketua Kohati Cabang Ambon masa bakti 2018-sekarang), dan Nur Endang (Ketua Kopri Komisariat PMII Polnam masa bakti 2018-2019) dan Hellen Grace Paliama (Sekretaris Fungsional Bidang Pemberdayaan Perempuan BPC GMKI Ambon masa bakti 2020-2022) sebagai moderator.

Banyak pikiran-pikiran dari para narasumber yang sangat membangun dan dapat dijadikan sebagai sebuah motivasi. Sebagai aktivis, ketiga narasumber ini juga berpendapat bahwa Perempuan bukan hanya diciptakan untuk kerja didapur, perempuan bukan hanya bertugas untuk memasak, menjadi Ibu Rumah Tangga atau hanya berdiam diri dirumah. Tapi, perempuan juga punya hak untuk menjadi pemimpin, punya hak untuk sama seperti laki-laki, punya hak untuk berjuang membela hak-hak rakyat dan sebagainya. Meskipun kadang, sebagai seorang aktivis sudah pasti ada berbagai macam tantangan dan rintangan yang dihadapi. Tapi, sebagai seorang aktivis perempuan dalam menanggapi hal ini hal-hal seperti sudah biasa dan pasti akan terjadi tapi itu juga membuktikan rasa cinta kepada organisasi.

Dialog ini menyimpulkan bahwa perempuan saat ini tidak hanya berbicara soal mempercantik diri, soal gaya, soal memperkaya diri tapi soal kapasitas yang dimiliki untuk dapat memperjuangkan hak-hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Langkah kedepan yang ingin diambil yaitu akan mengadakan kegiatan bersama yang akan digagas oleh Bidang Pemberdayaan Perempuan GMKI Cabang Ambon, Kohati HMI dan Kopri PMII.

Penulis : Mieke Kakisina

Editor : Alberto Tatibun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.