Dukcapil Sorsel Ketat Terapkan Protokol Covid-19 Dalam Pelayanan

TEMINABUAN, MEDIAINDONESIATIMUR.COM – Kepala Dinas Dukcapil Sorong Selatan Drs. George Japsenang, M.Si menyampaikan bahwa untuk menyikapi pandemi Covid-19, dimana Sorong Selatan sudah ada warga positif yang ditemukan beberapa waktu lalu maka Dinas Dukcapil akan melakukan kegiatan pelayanan dengan protokol kesehatan yang sangat Ketat.

Beberapa program yang dilakukan adalah :

1. Membuat tambahan ruang tunggu (Kanopi) di samping kantor dinas. Dimaksudkan agar warga bisa menunggu hasil produk pelayanan dan juga sebelum warga di panggil sesuai nomor antrian.

2. Membuat pembatas pelayanan dengan bahan plastik antara warga masyarakat dan petugas dukcapil.

3. Tambahan meja untuk jarak pelayan perekaman KTP Elektronik (sidik jari dan iris mata) jarak perlu diperluas sekitar satu meter dari petugas.

4. Membuka loket baru khusus untuk bidang pencatatan sipil di samping kantor (dimaksudkan agar warga tidak bersentuhan dengan petugas)

5. Penyiapan Peralatan Alat Pelindung Diri ( APD) sesuai standar berupa baju hazmat, masker, sarung tangan, tempat cuci tangan, kursi, meja, dan thermogun. Serta setiap minggunya dilakukan penyemprotan.

Hal ini diungkapkannya saat melakukaan Rapat dengan seluruh staf di kantor Dinas Dukcapil pada Sabtu, (22/08/2020) pukul 22.00 WIT.

“Seluruh persiapan ini mulai dikerjakan oleh tukang hari ini Minggu 23 Agustus selama 2 Minggu kedepan. Sambil menunggu pekerjaan fisik pada kantor dinas pelayanan tetap dilanjutkan dengan menggunakan pelayanan secara daring atau online dengan memanfaatkan teknologi digital seperti biasanya. Silahkan warga masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil dapat menghubungi petugas petugas kami. Pada jam kantor yaitu jam 09.00-13.30 WIT. Saya ingatkan warga dapat menghubungi petugas kami pada jam kantor. Di luar jam kantor petugas kami tidak dapat melayani saudara-saudari,” tegas George

Ada beberapa nomor handphone yang dapat dihubungi oleh warga masyarakat, silahkan di catat ada pada pengumuman depan kantor. Kami juga akan tetap melakukan simulasi pelayanan secara langsung apabila sarana dan prasarana kami sudah siap. Semua yang kami lakukan untuk memberikan kebahagiaan kepada warga masyarakat.

Pelaksanaan ini merupakan komitmen Dinas Dukcapil Sorong Selatan dalam rangka new normal atau tatanan kehidupan baru, pelayanan online ini hanya menggunakan ponsel pintar masyarakat dapat melakukan proses pelayanan yang tidak dibatasi akan ruang dan waktu,” jelasnya.

Dalam pelayanan online ini petugas biasanya meminta lampiran nomor handphone dan alamat email warga yang masih aktif. Saya berharap saat ini walaupun masa pandemi Covid-19 kita harus aktif dan mencari pola baru dalam model pelayanan. Harus mampu beradaptasi dengan situasi. Harus lebih pandai dan harus membuat karya baru. Inovatif dan kreatif dalam menghadapi situasi ini, bukan berarti karena alasan virus Corona ASN malas dan hanya tinggal di rumah dan tidak bekerja. ASN bisa bekerja juga di rumah dengan menggunakan internet yang telah tersedia,” ungkap George

Saya juga sangat berharap kepada ASN atau pegawai Dinas Dukcapil untuk tetap berhati-hati selama di rumah atau lingkungan tempat tinggal. Harus menjaga kesehatan, menjaga jarak, menjauh dari kerumunan warga, rajin mencuci tangan, mengunakan masker dan jangan mengorek mata, hidung atau mulut jika tangan tidak dalam keadaan bersih sebab virus akan cepat menular melalui panca indra dimaksud, jelas George (Tim MIT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.