Putra-Putri Terbaik NTT Bersanding Bahas Pembangunan IKN di Titik Nol IKN

Balikpapan, MITC – Wakil Ketua Komisi IX, Emanuel Melkiades Laka Lena yang kini memimpin rombongan Komisi lX DPR RI menggelar rapat di titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (2/2/2023).

Rapat tersebut digelar bersama para mitra Komisi IX DPR RI diantaranya Sekjen Kementerian Kesehatan RI dan jajaran, pimpinan BPOM RI dan jajaran, pimpinan BPJS Kesehatan Pusat dan Daerah, Dirut BPJS Tenaga Kerja dan jajaran. Juga Pemprov Kalimantan Timur diwakili Kadinkes, Pemkab Pasir Penajam Utara, Pemkab Kutai Kartanegara, Pemkot Balikpapan masing-masing diwakili Kadinkes. Serta Pimpinan Otorita IKN diwakili Direktur.

Agenda utama rapat teresbut adalah pembahasan terkait dukungan sektor kesehatan dalam pembangunan IKN, juga aspek tenaga kerja yang perlu disiapkan dengan serius sejak dini.

Yang menarik dari pertemuan tersebut, adalah terdapat para tokoh muda asal Provinsi NTT yang menempati posisi strategis di Otorita IKN. Selain Melki Laka Lena sebagai wakil Ketua Komisi IX DPR yang memimpin rombongan ada juga anggota Komisi IX DPR RI Ratu B. Wula. Ada pula Dr. Drs. Thomas Umbu Pati TB, M.S yang menjabat Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan pada Otorita IKN yang menandatangani surat persetujuan pelaksanaan kegiatan Komisi IX DPR RI di IKN. Dan, Ferdi Kana Lo, ST, MT, Direktur Pengawasan, Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan & Pemindahan IKN pada Otorita IKN. Thomas Umbu Pati adalah putra Sumba dan Ferdi Kana Lo adalah putra kelahiran Sabu.

“Saya mewakili Otorita Ibu Kota Nusantara dalam pertemuan tadi bersama Komisi IX DPR RI dan mitra yang dipimpin Pak Melki Laka Lena. Jadi tadi anak-anak NTT bersanding bahas pembangunan IKN di Titik Nol IKN,” sebut Ferdi Kana Lo kepada SelatanIndonesia.com, Kamis (2/2/2023).

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena mengatakan, pertemuan Komisi lX DPR RI dengan para mitra dari Pusat dan Pemerintah Daerah merupakan pertemuan pertama yang dilakukan DPR RI bersama para mitranya di IKN. “Komisi lX dan semua peserta rapat yang berasal dari Jakarta yang baru pertama kali datang ke IKN antusias melihat dan mendengar langsung gambaran perkembangan pembangunan IKN. Khususnya di sektor kesehatan, tenaga kerja dan kependudukan yang merupakan domain kerja komisi lX DPR RI,” sebut Melki Laka Lena.

Ketua DPD I Partai Golkar NTT ini menyebut, berbagai catatan dari lapangan untuk memperkuat fasilitas kesehatan pertama dan lanjut yang dimiliki daerah serta SDM kesehatan dalam jumlah dan kualitas yang memadai menjadi pekerjaan rumah (PR) ke depan yang mesti dibenahi segera.

Selain itu, terkait dukungan jaminan sosial bagi para pekerja yang membangun IKN juga aspek kependudukan ke depan saat ini dan ke depan pasca berkembangnya IKN butuh strategi yang kuat dan sinergi dengan berbagai pihak terkait di pusat dan daerah.

“Kami sengaja menuju IKN melalui darat sesuai anjuran Pak Gubernur Kaltim dan pulang melalui rute laut sesuai masukan Pak Walikota Balikpapan. Rute darat melalui jalan tol dan hutan yang masih terawatt. Kami melihat kera dan lingkungan alam yang masih terawat. Melalui rute laut kami disuguhi pemandangan indah sepanjang perjalanan dari pelabuhan ke Balikpapan. Semoga pembangunan IKN berjalan lancar sesuai rencana Bapak Presiden Jokowi dan peradaban unggul bangsa negara masyarakat Indonesia bisa makin tampak lagi ke depan,” sebut Melki Laka Lena. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.