Program Studi Matematika Unimor Laksanakan Demo Sains di 5 Sekolah

Kefamenanu, MITC – Program Studi Matematika Fakultas Pertanian Universitas Timor mengabdi kepada masyarakat dengan menggelar kegiatan Demo Sains pada lima sekolah di Desa Maubesi, Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten TTU pada Sabtu, (18/12)

Kefamenanu
Kegiatan Demo Sains oleh Program Studi Matematika Fakultas Pertanian Universitas Timor di SMK Negeri Insana Tengah

Kegiatan ini secara serentak diadakan di sekolah-sekolah jenjang Pendidikan Dasar yakni Sekolah Dasar Katolik (SDK) Maubesi 1, SMP Satap Negeri Nakol, SMPK St. Yosef Maubesi, SMA Negeri Insana Tengah dan SMK Negeri Tuama’u, dan dihadiri oleh siswa-siswa dan para guru sekolah-sekolah tersebut.

Dalam kegiatan tersebut , siswa-siswi diperkenalkan pada beberapa media pembelajaran dan alat peraga matematika yang dapat membantu siswa-siswi untuk memecahkan persoalan-persoalan matematika, sedangkan untuk para guru sekolah, Prodi Matematika mendemokan cara pembuatan e-raport.

Pada jenjang Sekolah Dasar, murid-murid diajari cara menghitung perkalian menggunakan jari (Jari Matika) dan diperkenalkan pada alat-alat peraga Timbangan Bilangan, Pecahan Bunga, Tangga Penjumlahan, Ular Tangga Matematika. Pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) siswa-siswa diperkenalkan pada media pembelajaran Papan Multi fungsi (MUSI) KPK dan FPB, D’happy venn serta alat peraga Papan SPLDV, sedangkan pada jenjang SMA dan SMK siswa-siswi diperkenalkan pada Tangga Logaritma (TAGALOG), Trigonometri Sudut Istimewa (TRISUIS) dan Kotak Matriks (KOMIK). Di tempat lain, para guru sekolah dari SDK, SMPN/SMPK, SMA/SMK diajarkan cara membuat aplikasi e – raport menggunakan Microsoft Excel.

Pembina Kemahasiswaan Program Studi Matematika, Oktovianus R. Sikkas, S.Pd.,M.Sc kepada MITC mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjalan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

“Selain kita mengajar dan belajar di kampus, kita juga mengaktualisasikan ilmu yang kita peroleh kepada masyarakat dalam hal ini siswa-siswa dan para guru sekolah, baik SD, SMP dan juga SMA atau SMK ” tandasnya.

Beliau berharap kegiatan ini dapat memberi dampak baik kepada siswa – siswi jenjang Pendidikan Dasar agar tidak memandang matematika sebagai ilmu yang menakutkan, menjadi momok atau sulit, tetapi menjadi ilmu yang sangat menyenangkan.

“Semoga output dari kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi semua kalangan yang terlibat dalam kegiatan ini. Yang pertama kepada mahasiswa; dapat melatih dan mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja, yang kedua untuk para guru; mendapat pengalaman dari kegiatan demo sains sehingga dapat mengaktualisasikan kedalam kerja nyata, yang ketiga kepada siswa – siswi pada jenjang Pendidikan Dasar; semoga media – media pembelajaran yang didemokan dapat dipahami agar membantu mereka dalam menyelesaikan persoalan-persoalan matematika, dan yang terakhir semoga masyarakat luas mendapat manfaat baik dari kegiatan ini”

Sikkas menambahkan bahwa semoga melalui kegiatan ini, siswa – siswi Jenjang Pendidikan Dasar terutama SMA dan SMK, dapat bergabung dalam Program Studi Matematika UNIMOR, karena selain menjanjikan lapangan pekerjaan yang sangat luas, didalam dunia pekerjaan pun matematika sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan persoalan – persoalan yang rumit. (*TB/AAT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.