Bukit Lendongara, Salah Satu Destinasi Wisata Eksotis dan Menakjubkan Yang Dimiliki SBD

Tambolaka, MITC – Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) tidak saja punya Laguna Weekuri yang terbentuk seperti kolam raksasa dipinggir pantai yang terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara. Juga tidak saja tentang Kampung Adat Ratenggaro di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, dengan deretan rumah tradisional yang berdiri megah di pesisir pantai Ratenggaro.

Kabupaten SBD juga punya destinasi wisata yang bernama Bukit Lendongara bertempat di Desa Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten SBD, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Destinasi Bukti Lendongara ini menawarkan keindahan alam perbuktian berupa padang savana, pemandangannya dapat dinikmati dan dirasakan dalam keadaan hijau maupun kering, dua-duanya sama-sama eksotis.

Dengan keeksotisannya, tempat ini sangat cocok untuk spot foto terbaik. Dari puncaknya dapat kita lihat hamparan savana maha luas. Sunset dan Sunrise sudah pasti.

Terbukti bahwa Wisata Bukit Lendongara ini bukan saja tempat berekreasi biasa. Hal ini bukan tanpa sebab, dari bentuknya ketika dilihat dari atas bukit Lendongara menawarkan perbukitan padang savana maha luas. Selain menawarkan perbukitan padang savana Lendongara juga memberikan nuansa tersendiri, dari kejauhan mata para pengunjung dimanjakan dengan pesona pantai Mananga Aba.

Salah satu pengunjung, Benediktus kepada media ini mengatakan bahwa jangan mati dulu kalau belum pernah ke Bukit Lendongara.

“Jangan mati dulu sebelum jalan-jalan ke Bukit Lendongara, sebab bagi saya Bukit Lendongara adalah salah satu wisata pilihan bagi para wisatawan ataupun pengunjung untuk merefreshingkan diri, karena wisata Bukit Lendongara ini tidak saja menawarkan kita perbukitan Savana maha luas, tapi kalau kita di atas bukit kita bisa lihat langsung pantai Mananga Aba dari kejauhan, bahkan kalau kita kita juga bisa melihat Kota Waitabula, dan Bandar Udara Tambolaka,”kata Benediktus, pada Jumat (08/10/2021).

Menurut Benediktus wisata Bukit Lendongara sangat memuaskan rasa.

“Saya rasa puas dengan tawaran Bukit Lendongara ini, karena Bukit Lendongara sangat indah dan menarik. Dari perbukitan savana juga angin sepoi-sepoi menggugah rasa, ingin rasanya saya tinggal terus menghabiskan waktu disini,”tutur Benediktus

Untuk mencapai Bukit Lendongara tersebut, dari Kota Tambolaka Ibu Kota SBD menuju Bukit Lendongara hanya memakan waktu 10-15 menit menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jalan menuju Bukit Lendongara pun sudah teraspal bagus, sehingga untuk menuju ke sana pengunjung jagan kuatir; masyarakat disanapun baik dan ramah.

Pantauan media ini Bukit Lendongara masih terbilang original, sebab disana belum ada cafe dan kamar mandi umum yang disediakan. Sehingga jika ingin refreshing ke Bukit Lendongara perlu membawa makanan kecil dan air mineral. (*YT/AAT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.