Jawab Permintaan GMKI Tambolaka, Wabup Chris Taka: Jembatan Kapabala Segera Dikerjakan

Tambolaka, MITC – Jembatan Kapabala, Desa Dikira, Kecamatan Wewewa Timur putus akibat hujan deras beberapa waktu lalu, akan segera dikerjakan, sementara saluran irigasi yang juga putus masih di bahas soal teknis pembangunannya. Untuk diketahui saluran irigasi ini berasal dari sumber mata air Weekelo Sawa, Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengaliri air sawah di lima Desa, yakni Desa Tema Tanah, Desa Kadi Wanno, Desa Mareda Kalada, Desa Pada Eweta dan Desa Kadi Wone.

Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Tambolaka, Ishak Carles Umbu Mimira dalam sambutannya mengatakan bahwa jembatan dan irigasi itu menjadi persoalan rill yang harus segera ditangani oleh Pemerintah terkait.

“Kami perlu sampaikan ini, karena ini salah satu musibah yang harus diselesaikan, sehingga jangan di pandang sebelah mata. Covid-19 kalau lebih penting dari pada jembatan dan saluran irigasi yang rusaknya sudah terlihat jelas, tetapi inikan terkait persoalan pangan daerah. Nah kalau dari sekian ribu hektar persawahan itu mangkrak maka akan berdampak pada krisis pangan”, kata Ketua GMKI Cabang Tambolaka yang akrab disapa Ishak Carles.

Entah itu Program Provinsi atau Program Kabupaten, lanjut Ishak Carles, yang terpenting ini harus diperhatikan.

“Kami harus menyampaikan dimana? Sebagai aktivis kehadiran Pak Wakil Bupati dalam kegiatan Maper ini perlu kami sampaikan itu, karena Pak Wakil adalah salah satu Penentu Kebijakan Daerah, sehingga ini bisa disampaikan kepada Pemerintah Provinsi sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten,” katanya lagi.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Marthen Christian Taka, S.IP dalam sambutannya menyampaikan bahwa jembatan akan segera dikerjakan sementara saluran irigasi masih dalam pembahasan teknis pembangunannya.

“Jembatan Kapabala akan segera dikerjakan dalam beberapa hari kedepan. Namun hanya untuk sementara saja dan kedepannya akan dikerjakan lanjut yang bersifak permanen”, kata Wakil Bupati Chris Taka saat hadir membuka kegiatan Masa Perkenalan (MAPER) Anggota Baru GMKI Cabang Tambolaka yang diselenggarakan di GKS Kererobbo, pada Jumat (19/03/2021).

Sementara itu, kata Wakil Bupati lebih lanjut, saluran irigasi Weekelo Sawa masih di bahas terkait teknis pembangunannya, karena masih membutuhkan waktu yang agak lama dan penuh perhitungan. Sehingga dirinya berharap agar masyarakat mengalihkan pekerjaan untuk tanam padi ke tanaman lain.

“Masyarakat diharapkan untuk mengalihkan perkerjaan untuk tanaman padi ke tanaman kedelai dan jagung. Soal harga Pemerintah siap akomodir,” kata Wabup  Chris Taka

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati memberikan spirit kepada anggota baru GMKI Tambolaka yang akan menjadi penerus gerakan ini. Kegiatan pembukaan Maper Anggota Baru GMKI Cabang Tambolaka dihadiri oleh Pdt. Ariyanto Bili, S.Th, Senior GMKI Lodowik L. Raya, Imanuel Horo, Ketua KNPI Sumba Barat Daya, Ketua GAMKI Sumba Barat Daya, GMNI Cabang Sumba Barat Daya, PMKRI Cabang Tambolaka Santo Agustinus serta para tamu undangan dan Anggto Baru yang mengikuti MAPER.

Penulis : Yanto Tena

Editor : Alberto Tatibun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.