Golkar NTT Laksanakan Sayembara Menulis Gagasan Konkrit Pencegahan dan Penanganan Covid-19

Kupang, MITC – Dalam rangka merespon peningkatan penularan covid-19 khususnya karena transmisi lokal dan peningkatan kematian akibat covid di berbagai daerah se NTT maka DPD Partai Golkar Propinsi NTT mengajak partisipasi aktif semua warga dan kalangan bersama Pemda dan legislatif utk berperan serta aktif dalam pencegahan dan penanganan covid-19. Selain itu, kegiatan ini dilakukan dalam rangka membantu tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan bisa bekerja optimal menangani pasien covid-19 kategori sedang dan berat serta pasien covid yang isolasi mandiri. Tenaga kesehatan, RS dan puskesmas saat yang sama harus tetap memberi perhatian kepada pasien penyakit lainnya yang butuh perhatian khusus misalnya DBD, TBC, jantung, HIV, stroke dan cuci darah.

Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk “Sayembara Gagasan Konkrit Pencegahan dan Penanganan Covid-19” dalam 13 tema sehingga pikiran, terobosan dan pengalaman yang berhasil, bisa diadopsi dan dikerjakan di berbagai tempat, melibatkan partisipasi aktif berbagai kalangan dalam mencegah dan menangani covid-19 bisa dihimpun. Hasilnya diteruskan kepada berbagai pihak terkait untuk dibuat kebijakan secara konkrit dan bisa dikerjakan dilapangan sehingga memperkuat upaya pencegahan dan penanganan sekaligus membangun sinergi antar para pihak.

Syarat & Ketentuan :

1. Pendaftaran Gratis
2. Peserta Terbuka Untuk Umum
3. Tulisan cukup 1 lembar F4/A4
4. Hanya menulis 1 tema yang ditawarkan
5. Pengantar tema 1 paragraf maksimal 4 kalimat setelah itu langsung masuk usul saran konkrit.
6. Paling baik tulisan berdasar pengalaman keberhasilan yang sudah atau sedang dilakukan.
7. Diharapakan gagasan terkait tema yang ditawarkan mudah diadopsi untuk dilakukan di berbagai tempat.
8. File Tulisan disimpan dalam bentuk file word/pdf/di foto dan dikirim ke email partaigolkarntt@gmail.com/ WA 0852-5311-4466
9. Identitas penulis harus sesuai KTP dan sertakan juga dengan nomor handphone
8. Jadwal Perlombaan 23 – 30 Januari 2021
9. Pengumuman juara tanggal 31 Januari 2021
10. Dewan juri perwakilan Pemda, legislatif, aktivis, organisasi kesehatan, penggiat lawan covid, akademisi, tokoh agama dan jurnalis.
11. Hasil tulisan yang sudah dikirimkan ke panitia diperbolehkan untuk dirangkum dan dibagikan panitia kepada berbagai pihak dalam rangka pencegahan dan penanganan covid-19.

Tema :

1. Bagaimana membantu masyarakat sadar dan mau ikut protokol kesehatan baik di rumah atau saat keluar rumah secara sukarela dan penuh kesadaran

2. Bagaimana aparat keamanan Polri, TNI dan Satpol PP bisa lakukan operasi penertiban kepatuhan dan disiplin masyarakat jalankan protokol kesehatan secara efektif dan terukur

3. Bagaimana mendorong masyarakat untuk hidup bersih dan sehat seperti dahulu makan-makanan bergizi yang ada sekitar kita sehingga meningkatkan kesehatan dan imunitasnya

4. Bagaimana membangun kemampuan semacam satgas untuk melawan covid-19 berbasis komunitas RT/RW, Desa/Kampung dalam rangka mencegah dan menangani Covid-19 disupervisi oleh tenaga kesehatan terdekat di Puskesmas atau Rumah Sakit

5. Bagaimana peran tenaga kesehatan mencegah dan menangani Covid-19 bekerjasama dgn satgas level komunitas RT/RW, dusun, kampung

6. Bagaimana penanganan warga yang terkena Covid lakukan isolasi mandiri kerjasama satgas level komunitas dgn tenaga kesehatan terdekat

7. Bagaimana peran Pemerintah daerah dan legislatif daerah dalam pencegahan khususnya memastikan warga sehat dan disiplin jalankan protokol kesehatan.

8. Bagaimana cara dan bentuk dukungan yang tepat untuk semua pihak yang sudah bekerja utk penanganan covid khususnya tenaga kesehatan, pendukung tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan, Polri, TNI, Satpol PP, satgas dan relawan penanganan covid-19 baik skala wilayah sampai skala komunitas RT/RW, dusun, kampung.

9. Bagaimana peran Pemda dan legislatif daerah serta para tokoh masyarakat (agama, adat, pendidik, pemuda, perempuan, aktivis dan lainnya) rangka penanganan warga yang terpapar Covid-19 baik yang di rawat di RS atau puskesmas maupun yang lakukan isolasi mandiri.

10. Bagaimana dukungan Pemda, legislatif, satgas dan pihak swasta dalam mendukung tenaga kesehatan dalam penanganan covid-19 baik melalukan testing, tracing/penelusuran, dan treatment atau pengobatan kepada terduga atau warga yang kena covid.

11. Bagaimana Pemda dan satgas di semua level bisa memanfaatkan anggaran secara efektif, efisien, tepat sasaran, tidak birokratis dan mudah dipertanggungjawabkan sehingga upaya pencegahan dan penanganan covid-19 berjalan lebih lancar dan lebih cepat.

12. Bagaimana membangun kerjasama yang sinergis dan efektif di lapangan antara Pemda, legislatif, satgas dan berbagai pihak lainnya yang selama ini kerja dilapangan dalam pencegahan dan penanganan covid-19.

13. Bagaimana materi, pola kampanye dan edukasi yang tepat bagi masyarakat agar mudah memahami dan menjalankan protokol kesehatan baik untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan dekat maupun masyarakat sekitarnya.

Hadiah :
Juara 1 sebesar 5 juta
Juara 2 sebesar 3 juta
Juara 3 sebesar 2 juta
Juara 4 sebesar 1 juta
Juara 5 sampai 15 masing masing sebesar 500 ribu.

Contact Person :
– Heri Liman (0852-5311-4466)
– Igo Making (0821-4520-8026)

Terima Kasih

Salam sehat dan tetap disiplin jalankan protokol kesehatan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

Makan makanan bergizi yang ada di sekitar kita, istirahat yg cukup, berolahraga teratur, rutin jemur matahari, berdoa kepada Tuhan mohon perlindunganNya,” (****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.