Mediasi GMKI – KNPI Sorsel Oleh Senior Berakhir Damai

Teminabuan, MIT.COM – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Sorong Selatan (Sorsel) beberapa waktu lalu jelang pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sorong Selatan telah mengeluarkan statemen keluar dari KNPI dalam waktu tertentu dengan sejumlah alasan yang diutarakan.

Hari ini, Selasa, (07/07/2020) jam 17.00-19.30 WIT bertempat di Cafe Dofsrit Resort, Kampung Wermit distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua barat beberapa senior memediasi hubungan GMKI dan KNPI Sorong Selatan. Para senior yang hadir diantaranya Sekretaris DPD KNPI Papua Barat, Jemi Liunsanda, Ketua OKK DPD KNPI Papua Barat, Thomas Jefferson Baru , Senior sekaligus pendiri GMKI Cabang Sorsel, Bung Naftali Saman, S.Sos dan Bung Klemens Howay, ST Ketua DPD KNPI Maybrat terpilih, Ketua DPD KNPI Sorsel yang baru dilantik Imam Al Amin Anggiluli, S. STP serta Ketua GMKI Cabang Sorsel, Olland T. Abago bersama beberapa Badan Pengurus Cabang (BPC) dan anggota, serta senior members dan senior friends lainya yang datang langsung dari Kabupaten Maybrat.

Olland T. Abago dalam penyampaiannya awal peran GMKI dalam membantu kerja-kerja KNPI serta Pemerintah Daerah seperti meminta KNPI Papua Barat untuk segera gelar Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Sorsel karena mengingat beberapa generasi yang terabaikan disebabkan tidak terurus baik ” Ini saya bicara langsung melalui media”.

Yang menjadi dasar pertimbangan kami pada poin pertama bahwa “mohon maaf yang kami salahkan KNPI Provinsi bukan KNPI Kab. Sorsel karena bacaannya lumayan lama dalam mengambil keputusan yang terhitung dari tahun 2019 sejak di pilih sampai tahun 2020 ini, momentum yang tidak tepat dengan kondisi daerah saat ini. Secara demokrasi berpikir tidak di larang, pada dasarnya poin yang berikut saya anggap tidak ada masalah, saya juga menyampaikan kepada kader-kader untuk bergabung mengikuti apa yang merupakan tanggung jawab kita sebagai pemuda melalui KNPI. Saya selaku Ketua Cabang menyampaikan permohonan maaf kepada DPD KNPI Provinsi dan DPD KNPI Kab. Sorsel apabila mencederai garis-garis besar haluan kerja organisasi terutama kepada semua senior. Saya pribadi dan atas nama BPC menyampaikan permohonan maaf kepada semua senior dengan tidak meminta pertimbangan senior dalam keputusan cabang pada saat itu,” urai Olland

Olland menambahkan “saya menyampaikan permohonan maaf karena tidak hadir dalam acara pelantikan hari ini Karena saya mendapatkan undangan 14.35 wit ini sudah pada puncak acara, tetapi ada beberapa kader yang saya suruh ikut”.

Atas nama Ketua Cabang GMKI Sorsel menyampaikan selamat dan sukses kepada bung ketua Imam Al Amin Anggiluli bersama teman-teman yang di lantik pada hari ini, kami (GMKI Sorsel, red) siap mendukung dan bergandeng tangan menjalankan program DPD KNPI Sorsel selama masa kepengurusan. Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada kedua senior yakni Bung Klemens Howay, ST dan Bung Naftali Saman, S. Sos atas upaya untuk memediasi KNPI & GMKI Sorsel,” tutup Olland.

Sekretaris DPD KNPI Provinsi Papua Barat, Jemi Liunsanda dalam penyampaiannya bahwa beliau tidak mengharapkan persoalan ini terjadi namun apa boleh buat, keputusan telah di buat “Setelah kejadian itu saya mendapat banyak telpon dari senior-senior GMKI dan teman – teman KNPI tetapi pada hari ini ada itikad baik dari senior-senior yang ada di Sorsel dan BPC GMKI Sorsel yang sudah mau berbuka diri untuk kembali bergandeng tangan berjalan sama-sama KNPI Sorsel, banyak hal yang beliau sampaikan kepada Ketua DPD KNPI dan juga Ketua GMKI Cabang Sorsel. Yang menjadi catatan adalah dengan persoalan ini beliau yakin kedepan pasti lebih baik.

Senada dengan itu, Ketua DPD KNPI Sorsel, Imam Al amin anggiluli, S. STP mengatakan kami juga terus bagun komunikasi dengan Pimpinan Provinsi tentang sikap KNPI namun kami tidak menginginkan hal tersebut terjadi, bagi kami apabila ada kesalahan yang di buat ada baiknya kita berdiskusi,” tutur Imam.

Secara organisasi saya tidak menanggapi dengan balasan surat namun ada pemikiran untuk mengajak teman-teman GMKI untuk berdiskusi agar mendapatkan solusi yang baik, secara gamblang Ketua DPD KNPI Sorsel yang baru di lantik itu menyampaikan bahwa ada teman-teman yang dimasukkan sebagai badan pengurus dan itupun saya tidak menggantikan satupun walaupun ada persoalan ini,” ungkap Imam.

Senior GMKI yang juga sebagai Ketua DPD KNPI Maybrat Klemens Howay, ST menyampaikan banyak terima kasih kepada sekretaris DPD KNPI Papua Barat, Jemi Liunsanda dan Ketua OKK DPD KNPI Papua Barat yang sudah bersedia dan mendampingi ketua DPD KNPI Sorsel untuk menyelesaikan persoalan dimaksud namun beliau menambahkan kepada Ketua Cabang untuk memberikan laporan berjenjang hingga sampai kepada Pimpinan tertinggi. Selamat dan sukses atas dilantiknya Ketua DPD KNPI Sorsel, jangan lupa terus bergandeng tangan bersama GMKI Cabang Sorsel dalam kerja-kerja KNPI ke depan,” tutup Klemens. (Obaja/MIT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.